Sabtu, 22 Maret 2014

Memaksimalkan Ukuran Memori RAM di Komputer

 Mungkin kita bertanya-tanya kenapa RAM PC/Laptop saya 4GB kok di computer properties cuma ada 2GB? Udah diupgrade 8GB kok hanya bisa dipakai 4GB? Belakangan, ini adalah kasus yang normal terjadi pada mereka yang kurang mengerti. Usable RAM adalah memori bebas yang tersisa setelah dikurangi Hardware & System reserved.

Gejala ini berkaitan dengan sistem operasi komputer, misalnya Windows 7 atau Windows 8 yang paling sering mengalami penurunan memori. Versi 32 bit dan 64 bit juga mempengaruhi lho, kalau versi 64 bit biasanya lebih mendukung RAM kapasitas lebih besar. Maka dari itu kalau kita punya uang untuk menginstal RAM 8GB keatas lebih baik memakai windows 7 atau 8 yang 64-bit karena mereka bisa meng-handle data random yang besar lebih efektif dari versi 32-bit.

Cara memaksimalkan RAM yang tersedia bukalah 'msconfig' dari Run Program. Klik tombol Advanced options dan pilih Number processor yang sesuai dengan CPU kita. Centang juga Maximum memori dan pilih memori maksimal RAM.

Untuk mengetahui jumlah processor carilah di google atau tanyalah teman tentang spesifikasinya misalnya core 2 duo, dual core atau core i5, i7 dsb.

Ingat, penurunan usable RAM bukan semata-mata karena perilaku sistem operasi. Bisa juga karena kita memasang VGA yang mengkonsumsi RAM, atau pindahkan slot RAM jika perlu.

7 komentar:

  1. Min, saya coba di windows 10 ko ga bisa ya? Udah cek juga di my computer dan di task manager namun tetap yang terbaca 2,8. FYI : ram 4 giga dan procesor i3.
    Apakah ada cara lain?

    BalasHapus
  2. nah, kalo buat RAM 4 GB gimana?

    Van-Softwares.blogspot.com

    BalasHapus
  3. agan semua.cb anda install windows,,yang 64bit

    BalasHapus