Jumat, 21 Maret 2014

Cara Memastikan File Corrupt dengan Checksum HJSplit

Apa itu checksum?

Checksum adalah serangkaian huruf dan angka yang berasal dari pengkodean sebuah file. Checksum dapat dibilang mewakili sebuah identitas file. Jika ada dua file yang persis sama (karena di-copy misalnya), checksum keduanya PASTI sama. Tapi jika ada dua file yang punya checksum sama, maka mereka punya kemungkinan besar adalah file yang sama tapi TIDAK 100%. Karena beberapa program dapat menghasilkan kode checksum yang sama dari file yang berbeda.

Nah dengan checksum ini kita dapat membandingkan file-file. Misalnya saja kita sudah capek join beberapa bagian file yang telah didownload, ternyata hasilnya corrupt. Jika uploader file tersebut adalah teman kamu, atau bukan.. Bisa kita tanyakan padanya kode checksum file itu dan bandingkan dengan yang sudah didownload. Meskipun ada kemungkinan checksum sama berasal dari file berbeda, angka kemungkinannya sangat kecil sekali.

Program hjsplit tidak membutuhkan penginstalan apapun ke dalam komputer kita. Dapat dijalankan di Windows dan Linux. Penggunaan syntax lebih lanjut di mode text silahkan lihat di website resminya.

Langsung saja buka aplikasinya, dan pilih tombol "Checksum"

Klik "File" cari file yang ingin dibandingkan, dan "start".. maka akan keluar Kode checksum, klik "copy" untuk menyalinnya dengan cepat. Dan bandingkan dengan checksum pemilik file tersebut, jika berbeda maka pasti kedua file kalian berbeda.

Memang tujuannya cuma untuk mengkonfirmasi, tapi ini adalah langkah yang penting. Sekarang kalian bisa memutuskan mau mendownload atau mengcopy nya lagi. hehe....

MD5 adalah salah satu metode yang digunakan untuk checksum. Kemungkinan dari corrupt nya sebuah file adalah error di hard disk, file telah dimodifikasi dan kesalahan transfer file seperti copy dan download yang sudah dijelaskan tadi.

1 komentar:

  1. maksih sist tentang postingan nya sngat bermanffat buat saya yg bru memulaikan tntang programan web nya
    jgan lupa ya kunjung web kta
    Kungjungi Website kampussayahttp://www.atmaluhur.ac.id

    dan Website sayahttps://nirma.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus